Selasa, 12 Juni 2012

Batikkan Harimu ^^


East Kalimantan, dua kata yang mungkin hanya di anggap sepele oleh sebagian orang. Dua kata yang mungkin belum memiliki arti lebih bagi pendatang dari luar kota Samarinda. Tapi setelah saya menyusuri ruangan demi ruangan, satu kata yang keluar dari mulut saya “KEREN” ini tempat apaan ???? Banyak banget pernak-pernik asli dayak,,saya awalnya ngerasa biasa saja saat ngeliat pernak-pernik dayak yang berjejeran di setiap pameran di Kaltim. Tapi kali ini beda, nuansa dayak yang bisa dikatakan modern. Bursa oleh-oleh yang menyediakan tempat nongkrong yang lumayan nyaman, yaah meski gak senyaman kafe-kafe di tempat lain. Tapi cukuplah bagi saya yang ngerasa masih kurang paham dengan budaya asli Kaltim. 

Nongkrong sambil belajar, kalimat itu yang mungkin sekarang lewat di kepala saya. Setelah beberapa minggu yang lalu dosen saya bertanya tentang nama batik Samarinda, dan kemudian membuat kelas tiba-tiba hening karena gak ada yang bisa jawab. 
Hahahaha.....
Saya sekarang bisa ketawa, ternyata gak cuma saya yang bego di dalam kelas itu. #udah deh lupain kejadian yang terlanjur bodoh itu. 

Pusat perbelanjaan yang menyediakan berbagai macam pernak-pernik. Berawal dari kerajinan manik-manik, sampai kerajinan tenun khas Kalimantan yang njelimet. Berawal dari makanan yang udah bisa dikatakan bosan untuk dicemil (sebut;amplang), sampai makanan yang baru saya rasain (sebut; gulagait). Dan juga berbagai kerajinan lainnya yang berbahan dasar kayu dan kulit kayu.

Amplang (Makanan Khas Kalimantan Timur)
Amplang, siapa sih yang gak kenal jajanan khas asli Kalimantan Timur ini. Ikan pipih yang di olah menjadi panganan sejenis krupuk ini, mampu membuat lidah para penikmatnya bergoyang dikarenakan rasanya yang gurih. Bentuk dan rasanya pun kini bervariasi, mulai dari yang lonjong sampai yang dinamakan amplang kuku macan, karena bentuknya menyerupai kuku macan. Waah baru satu makanan nii, belum lagi makanan khas Kalimantan lainnya yang pasti bakal menarik perhatian wisatawan dari luar daerah. So, kalian wajib beli buat keluarga kalian yang berada di luar Kalimantan, jangan cuma numpang eksis foto seperti model di sebelah ini ya (#mati).

Keminting, jajanan berbentuk bulat dengan lekukan di setiap putarannya ini gak kalah menarik perhatian deh. Teksturya yang sedikit garang tapi lembut ini, bakal membuat siapa saja yang baru pertama kali mencicipinya terkecoh. Kue bulat yang keliatannya keras ini, ternyata renyah dilidah. Waah perlu coba niih kalian yang berada di luar Kalimatan.


Beberapa Jajanan Khas Samarinda
Gula gait, makanan yang satu ini berasal dari pencampuran gula merah dan gula putih. Entah gimana cara ngolahnya, tapi yang pasti rasanya gak kalah enak dari jajanan lainnya. Berbentuk lonjong seperti potongan kayu manis, dan bertekstur sedikit kasar. Untuk rasa gak perlu dipertanyakan lagi, seperti namanya “gula” yang identik dengan manis. Tapi jangan khawatir, karena gula aren asli yang digunakan dalam proses pembuatannya, jadi gak perlu takut gula darah naik deeh. 



Kerajinan Manik Samarinda
Dipandang dari segi aksesoris pun tak kalah membuat mata haus untuk berbelanja. Gelang batu, bros manik yang cantik, ikat pinggang, kalung, asbak rokok, hiasan dari guci, sarung, kaos oblong, tas, dan souvenir lainnya pun ada disini.






 
Sarung Samarinda, sarung ini merupakan sarung kebanggannya orang Samarinda. Sarung yang dalam kemasannya berbentuk mungil dengan ukiran batik khas Kalimantan ini, mampu mencuri daya tarik pecinta batik nusantara. Batik dengan ukiran khas dayak tak pernah lepas dari sarung ini, juga kemasannya uniknya yang mudah dibawa untuk dijadikan buah tangan kepada sanak keluarga inilah yang membuat batik tersebut menjadi saingan batik khas Jojga.
Meski harus merogoh kantong agak dalam, tapi jangan salah, barang yang kalian dapat disini bukan barang sembarangan. Branded asli tanah Kalimantan, yang kualitasnya pun sudah di sesuaikan dengan harganya. Dijamin gak rugi deh kalau kalian memilih sesuai dengan kebutuhan kalian. Ajak mama, papa, dan juga adik-adik kalian yaa. 

Inilah East Kalimantan Center, salah satu tempat yang kini dibanggakan oleh berbagai kalangan di Samarinda. Bukan hanya sekedar wadah untuk ngopi, tetapi juga wadah untuk belajar sambil berbelanja. Buat adik-adik yang bingung mau mencari busana dayak untuk fashion show, bisa langsung berkunjung disini. Mbak Nirma sang owner siap menemani kalian berkeliling mencari kebutuhan yang diinginkan. Berhubung sebentar lagi East Kalimantan berusia satu tahun, saya harap siih bakal ada diskon besar-besaran disini. 

East Kalimantan Center
Salut deh dengan adanya East Kalimantan, gak perlu jauh-jauh ke desa Pampang lagi untuk hunting perlengkapan seperti ini. Semoga kedepannya East Kalimantan makin dikenal, tidak hanya dari warga Samarinda, tetapi juga warga dari daerah luar. Ayo kawan angkat gadget kalian, kita harus bangga dengan adanya East Kalimantan ini. Mari berbagi kebahagiaan dengan teman-teman kita di luar sana yang belum pernah mampir ke tempat ini. Ajak dan perkenalkanlah kekayaan budaya yang kita miliki. Save pesut, save budaya asli Kalimantan, save East Kalimantan Center.

3 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar kalian jika memang kalian ingin berkomentar. Asalkan komentar kalian tidak menggunakan kata-kata negatif ^_^